Travel Insurance 101: Travel Happily, Worry-Free!

“Awalnya, perjalanan itu asyik banget! Makan enak, foto di tempat keren, pokoknya seru! Eh tiba-tiba teman kami sakit dan muntah-muntah tak terkendali! Jalan-jalan pun tinggal wacana. Kami harus menemani dia di RS kota terpencil Indonesia! Parahnya lagi, biaya rumah sakit sangat mahal dan kami terpaksa membeli tiket pesawat baru serta menambah biaya hotel yang costly.”



“Kita sedang on the way ke airport, tiba-tiba ada yang tarik tas tanganku! Seluruh isi tas diambil beserta passport dan handphone! Lemes deh, hilang semua sekaligus. Mana di negeri orang pula..”

Hidup ini terkadang tidak adil. Di saat kita ingin bersenang-senang, ada saja kejadian tak terduga yang mengubah perjalanan impian menjadi bencana. Entah kecurian, sakit, kehilangan dokumen penting, long delay, dan sebagainya. Dua cerita di atas adalah kisah nyata yang terjadi ke diri saya sendiri. Parahnya lagi, saat itu saya lupa membeli asuransi perjalanan (tepatnya karena pelit, huhu). Dari kejadian tersebut, saya memetik pelajaran bahwa travel insurance is important and it’s a must! Saya merasakan betapa pentingnya asuransi perjalanan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan saat bepergian.

Kebingungan berlanjut saat saya akan membeli asuransi perjalanan. Dari sekian banyak agen travel insurance, yang manakah yang terbaik? How to choose the best travel insurance? Faktor apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli asuransi perjalanan? Well, it depends on what you need! Check this list out before you buy travel insurance! Ready..set..go!

DESTINATION
Destinasi wisata merupakan salah satu faktor utama untuk menentukan paket travel insurance. Beberapa agen asuransi perjalanan hanya menyediakan asuransi perjalanan untuk tujuan wisata mancanegara, padahal kita sedang ingin wisata dalam negeri saja. Akhirnya, saya menemukan asuransi Travellin dari Adira Finance! Travellin memiliki insurance package bukan cuma untuk wisata luar negeri tetapi juga dalam negeri. Bahkan, Travellin memberikan perlindungan hampir ke semua negara di aneka benua, termasuk hingga ke Afrika!

Untuk insurance package dalam negeri, terdapat tiga pilihan yakni Worldwide Premier, Worlwide Executive dan Asia. Walaupun berlaku around the world, perbedaan utama Worldwide Premier dan Worldwide Executive package ialah jumlah tanggungannya, di mana Worldwide Premier memiliki tanggungan klaim mencapai 100.000 USD! Sementara itu, Asia package berlaku di semua negara di Asia. Jadi, kita tidak perlu repot untuk membeli beberapa travel insurance sekaligus ketika backpacking keliling Asia loh! Cukup membeli satu paket asuransi perjalanan saja.

Bila kita ingin membeli paket asuransi dalam negeri, Travellin juga menyediakan tiga paket yakni paket Domestic Gold, Domestic Silver dan Silver Plus. Untuk Domestic Gold, bila terjadi kecelakaan hingga kematian, Travellin akan memberikan tanggungan senilai 75 juta rupiah. Sedangkan Domestic Silver dan Silver Plus, sama-sama memiliki klaim up to 50 juta, namun Silver Plus memberikan perlindungan lebih kepada rumah yang kamu tinggali saat bepergian. Gambar berikut ialah paket kesukaan saya, Domestic Silver, 10 ribu saja sehari dengan manfaat segudang! Info lebih lanjut dapat diakses melalui website https://Travellin.co.id/


P.S Ingat, jumlah klaim penting saat kamu berwisata ke negara tertentu seperti benua Eropa, karena kamu diwajibkan memiliki asuransi perjalanan dengan minimal jumlah tanggungan sekian besar sebagai persyaratan visa.

TIMEFRAME
Berapa lama waktu bepergian? Pastikan travel insurance yang dibeli sesuai dengan tanggal perjalanan wisata. Biasanya asuransi perjalanan akan menghitung jumlah hari dari tanggal mulai sampai tanggal kita kembali, misalnya tanggal 14 hingga 24 November akan dihitung 11 hari. Untuk berhemat, kita dapat membeli asuransi perjalanan untuk 90 hari sekaligus, bahkan hingga 180 hari lho! Tentu saja semakin panjang jangka waktunya maka akan semakin murah, terlebih bila sering berwisata. 

WHAT & WHO TO COVER?
Sebagai konsumen, kita harus selalu memperhatikan apa saja yang ditanggung dalam asuransi perjalanan. Terkadang beberapa asuransi nakal tidak mencantumkan klausul tanggungan untuk hal yang dapat terjadi. Berbeda dengan asuransi Travellin memberikan tanggungan untuk hal-hal berikut secara menyeluruh:


Bukan cuma itu, Travellin bahkan berani memberikan perluasan jaminan atas rumah yang kecurian saat berwisata, pembajakan pesawat, dan kecelakaan saat perjalanan. Lengkap sekali bukan?

Di samping itu, kita juga harus memperhatikan siapa yang akan pergi dan berapa orang yang ingin di-cover dalam asuransi perjalanan. Beberapa asuransi perjalanan menyediakan asuransi hanya untuk individual, padahal kita pergi ramai-ramai. Apabila kita bepergian dengan jumlah lebih dari 15 orang, kita bisa membeli asuransi dengan pilihan grup sehingga bisa lebih hemat. Jika pergi dengan 2 anak dan satu pasangan (cukup satu istri / satu suami lho ya), kita dapat memilih paket Family.

SIMPLE BUYING PROCESS
Saya selalu memperhatikan kemudahan dan kecepatan dalam pembelian travel insurance. Apabila websitenya tidak user friendly, biasanya saya langsung pindah ke website lain. Saya cukup terkejut ketika menemukan asuransi perjalanan online buatan bangsa Indonesia, dengan cara pembelian yang sangat mudah! Membeli asuransi perjalanan Travellin semudah tagline-nya, as easy as 1 2 3!

Hal pertama yang harus saya lakukan saat mampir di website Travellin hanyalah menginput tempat saya berasal (DKI Jakarta) dan tempat saya akan pergi (Inggris), kemudian tinggal pilih jumlah wisatawan.

Pada tampilan kedua kita tinggal memilih periode yang diinginkan (harian, 90 atau 180 hari) dan tanggal awal serta tanggal akhir perjalanan. Pada step ketiga, paket yang sesuai akan langsung muncul dan kita tinggal klik paket apa yang kita inginkan. Saat kita telah memilih dan menekan tombol Go to My Quote, Tadaaa! Pilihan kita segera muncul dan kita tinggal mengisikan biodata, review order dan tinggal bayar. It’s super simple and takes less than 5 minutes. Super convenient and even you could do it through your mobile phone. How awesome is that?



CLAIM EASENESS
Hal ini juga merupakan salah satu hal krusial sebelum membeli asuransi perjalanan, yaitu kemudahan mengajukan klaim! Banyak agen asuransi perjalanan menjual dengan harga miring namun sangat sulit ketika di-klaim. Untuk itu, penting untuk membaca review terlebih dahulu: apakah contact person asuransi tersebut mudah dihubungi? Apakah klien-klien sebelumnya dapat mengajukan klaim dengan lancar saat terjadi kesulitan? Untuk pelanggan Travellin, klaim dapat diajukan secara online ataupun via call center yang dapat dihubungi dari dalam dan luar negeri. Klaim juga dipastikan selesai dalam 14 hari lho! Berikut caranya:



Last but not the least…PRICE
Hal ini merupakan salah satu faktor yang krusial! Terkadang, asuransi dengan biaya mahal, hanya memberikan tanggungan secukupnya saja. Padahal, tentunya yang kita inginkan ialah value for money! Dengan asuransi Travellin, kita dapat membeli asuransi perjalanan dengan biaya serendah 10.000 rupiah saja per harinya! Sebagai contoh, paket Worldwide Executive untuk melindungi perjalanan saya ke Inggris selama sebelas hari hanyalah 27.5 USD! Bandingkan dengan asuransi lain yang mencapai 50 dolar!

Kabar gembira lainnya, asuransi Travellin memberikan poin yang dapat dikumpulkan dan di-redeem dengan hadiah-hadiah menarik lho. Bahkan dengan menggunakan kode TRAVELLINYEAREND, kita bisa mendapatkan diskon sebesar 20% untuk pembelian asuransi perjalanan. So, what are you waiting for?


Demikianlah faktor-faktor utama yang harus diperhatikan sebelum membeli travel insurance. You should always be cautious and check again! Pastikan asuransi pilihan anda sesuai destinasi wisata, cocok jangka waktunya, memiliki nilai tanggungan yang oke, mudah dibeli dan mudah diajukan klaimnya, serta harganya pun efisien! Tidak lupa, pastikan websitenya aman untuk bertransaksi online, serta asuransi perjalanan tersebut dijamin oleh perusahaan finansial terkemuka yang disetujui oleh Otoritas Jasa Keuangan. 

Kenyamanan dan keamanan saat berwisata tentunya sangat penting bagi Anda, bukan? Lebih baik sedia payung sebelum hujan sebelum terjadi yang bukan-bukan. Pastinya Anda tidak mau impian wisata menjadi bencana. Dengan Travellin, we travel happily and worry-freee!

Cheers,

Hana XX
#travellinsmile

You Might Also Like

3 comments

  1. Wah ternyata gampang ya beli travel insurance-nya. Belum pernah coba beli travel insurance lewat web di Indo, boleh dicoba nih utk yg selanjutnya. Nice tips mba :)

    Oiya, salam kenal ya :)

    http://thejackieofalltrades.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you sudah visit Mbak Dee :) Iya aku juga surprise dengan harganya yang murah dan simpel. Salam kenal juga Mbak, sering-sering main ke sini ya :)

      Delete
  2. caranya gak terlalu sulit juga ya kak buat beli travel insurance-nya..

    ReplyDelete