Sidang Skripsi Oh Oh Oh

Halo! Sudah lama ya blog ini tidak aku update. Bagaimana kabarnya yang sedang skripsi? Sudah lulus, sudah selesai sidang, atau masih tegang menanti jadwal? Untuk semuanya yang belum sidang (terutama teman-teman kampus tercinta), pasti deg-degan, kepikiran, tidur gak nyenyak, dan makan banyak. Lol.
Nah, berikut beberapa hal yang aku pelajari dari sidang:

  • Pastikan mengerti skripsi yang dibuat. Gak nyontek atau dibikinin orang khan? Jadi tenang aja. Tidak usah hapal mati, setidaknya mengerti teori dasar yang ada di bab 2. Selain itu, pada bab 4, misalnya skripsinya kuantitatif, harus tahu kenapa pakai uji statistik yang ini bukan yang itu. Lalu apa maksudnya mean, standar deviasi, mengerti dasar-dasarnya.
  • Lanjut nih buat skripsi kuantitatif, misalnya ada yang terbukti signifikan. Alasannya apa sih bisa signifikan? Kira-kira aja, logikanya gimana. Atau terbukti gak signifikan semua, kenapa ya?
  • Untuk skripsi kualitatif pastikan ketika ditanya alasan, alasan dari analisa kamu itu logis. Misalnya terbukti dari jurnal ilmiah atau penelitian terdahulu. Jangan jawab, "menurut dosen pembimbing blahblahblah".. Lah yang mengerjakan itu kamu atau dopem? :D
  • Siapkan pertanyaan umum yang kira-kira akan ditanya, dan coba jawab sendiri. Misalnya untuk anak akuntansi: kenapa sih kamu ambil topik ini? Apa yang membuat kamu tertarik topik ini? Menurut kamu mana yang lebih baik solusi A atau solusi B? 
  • Pelajari pelajaran yang terkait dengan skripsimu. Just in case, skripsi kamu sudah bagus dan tidak ada lagi yang mau ditanyakan, penguji akan melakukan kompre. Untuk anak audit dengan tema audit, setidaknya mengerti audit dasar (prosedur audit, istilah audit), akuntansi dasar (jurnal-jurnal bisa lah yaa). Untuk anak pasmod, pastinya saham, metode saham, IHSG, harus di luar kepala. Jadi belajarnya jangan sistem kebut semalam.
Lalu apa saja persiapannya?

  • Jangan lupa siapkan ppt, presentasi 10 menit kira-kira 12 ppt sudah lebih dari cukup. Latihan dulu di depan kaca, try to give a good impression, speak clearly and slowly. Bayangkan di depanmu banyak orang. Kalau latihan dengan serius pasti bisa dan tidak grogi! :) 
  • Bila membawa clicker, pastikan berfungsi. Kalau tidak, bawa teman untuk membantu presentasi (harus latihan sama-sama sebelumnya)
  • Bawa skripsimu, tandai dengan memo di masing-masing per bab atau bagian penting, biar tidak gelagapan mencari saat ditanya.
  • Sikap mental harus pede dan tenang, jawab saja sebisa mungkin apapun yang terlintas di otak :)
  • Jangan nyolot dan nyebelin, tunggu dosen penguji selesai bicara baru kita menjawab. Nilai sikap lumayan lho :)
  • Makan yang netral hindari pedas dan asam. Malu ah kalau kentut pas lagi presentasi.
  • Tidur cepat ketika h-1, ya walaupun sulit tapi diusahakan karena pasti deg-degan.
  • Baju kemeja dan rok, kaus kaki serta sepatu sudah disiapkan dari hari sebelumnya. Biar kinclong gitu.
Okay, that's all. Do the best that you can do. No matter about the result, as long as you give your best, you should be proud for your self. Okay?

Salam manis :)))))

You Might Also Like

8 comments

  1. Makasih bosss... tipsnya sangat membantu :*

    ReplyDelete
  2. Sama-sama Ci.. Statistiknya dibaca-baca lagi yaa :D

    ReplyDelete
  3. hahaha,, ud kelar ato blm sidangnya?? ada tips tambahan,, kalau ga bisa jawab waktu sidang, berikan senyuman kepada dosen penguji,,ntar suasana pasti jdi lebih nyaman,,
    -EA-

    ReplyDelete
  4. betul Son :D thanks yah tambahannya.. Udah donk. Uda SE gua haha

    ReplyDelete
  5. Tips yg berguna :)

    ReplyDelete
  6. Hanaaaa, we have similliar blog name hehe :D mine is JOURNEY :)
    Nice to read yours Han..

    ReplyDelete
  7. wow,,congratz yha,,long time no talk, so i dont know it,,hahahaha,,asik mkn2 donk skrg,,hahahaha

    ReplyDelete