Tips Pembuatan dan Lolos Interview Visa Amerika

Halo semua!! Akhirnya blogging lagi setelah sekian lama tidak update. Last month, I went to USA. Kisah bermula ketika sedang sibuk, tiba-tiba iseng lihat Traveloka. Tiket ke New York sedang diskon, apalagi saat tepat untuk libur Natal dan tahun baru. Tapi, jaraknya tinggal dua minggu lagi! So, hari itu juga (Senin) beli tiket, Rabu submit dokumen, Jumat langsung scheduling jadwal interview di US Embassy, Senin depannya langsung jadi! Hore!




Keuntungan punya US Visa:
  •     Bisa pergi ke US dalam kurun waktu 5 tahun & multiple entries tanpa buat visa lagi
  •     Pembuatan visa negara lain yang lebih mudah
  •     Visa-exemption untuk jalan-jalan ke Korea Selatan, Taiwan, Albania, Georgia, Mexico, dll!
Mitos sulitnya visa Amerika:
·         Penilaiannya subjektif – pewawancara tanya hal yang tidak relevan
·         Harus punya tabungan 9 digit
·         Sejak Mr. Trump jadi presiden, visa USA is impossible to get!
·         Harus standby di Kedubes dari jam 5 pagi

Is it true? Langsung saja, bagaimana cara mudah dapetin visa Amerika?  

Step-by-Step Tahap Persiapan & Pendaftaran Visa
Failing to plan is planning to fail. So true!  Tahap awal ini yang paling krusial:

  1. Siapkan tiket pesawat
Entah mau beli duluan tiketnya (ada resiko tiket hangus jika visa ditolak) atau bisa minta tolong travel agent untuk booking tiket cuma – cuma. Jangan lupa book hotel yang free cancellation, ya!

2. Siapkan foto 5x5cm both softcopy & hardcopy syarat bisa dicek ke: sini


3. Isi form DS-160 di https://ceac.state.gov/genniv/
Isi yang sejujurnya dan jangan sampai salah. Jangan lupa catat kode pendaftaran (Application ID) agar bisa login kembali dan retrieve aplikasi. Untuk turis: nama visa B1/B2 tourist visa.

4. Atur jadwal wawancara di sini (saat ini hanya bisa di Surabaya & Jakarta).

5. Next, akan muncul deposit slip virtual account Bank CIMB untuk ke Bank of America. Fee-nya sekitar 150 USD. Jika bisa, langsung transfer hari itu juga (bisa melalui teller CIMB ataupun internet banking), karena minimal processing time selama 24 jam.   

6.  Usai pembayaran diproses, dapat konfirmasi janji temu. Beres!

Tips Sukses Tahap Wawancara Visa Amerika
1.      Dokumen Lengkap!
Bawa dokumen wajib (DS-160, konfirmasi janji temu, foto 5x5 & bukti pembayaran) dan jika ada dokumen pendukung: copy KTP, KK, akta lahir/nikah, surat keterangan kerja, slip gaji 3 bulan terakhir, rekening koran & surat bank.

2.      Jangan terlambat atau datang terlalu cepat!
Appointment schedule kamu jam 7 pagi dan bisa langsung interview? Jika datang lebih pagi bisa langsung masuk? Oh, it’s not, dear! Tepat jam 7 pagi kamu akan dibariskan bersama serombongan pencari visa lainnya. Jika kamu tiba setelah rombonganmu masuk, goodbye sudah kesempatanmu.. Jika kamu datang terlalu cepat pun, kamu harus menunggu jadwal yang tertulis pada appointment schedule.

3.      Fasih bahasa Inggris
Ini penting banget karena pewawancaramu ialah American yang walaupun bisa bahasa Indonesia, tentunya mereka lebih bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Ada satu grup karyawan yang ingin ke Amerika untuk survey pengadaan barang. Saat ditanya, “Can you speak English?” She answered, “I can.. a little”. The interviewer answered, “Oh dear, you even can’t speak English.. So, how can you do a survey in USA?” BAM! Langsung dapat surat cinta berwarna pink bertuliskan VISA ANDA DITOLAK…


4.      Tunjukkan kamu tidak mau bekerja di Amerika
Interviewer akan bertanya-tanya, apakah kamu mau pindah ke Amerika? Apakah kerjaan kamu di Indonesia oke? Apakah kamu puas bekerja di Indonesia? Tentu jawab: YA, saya happy bekerja di Indonesia dan saya tidak ingin bekerja di Amerika! Karena, visa kamu mungkin saja tidak diberikan jika ia berpikir kamu ingin menjadi karyawan illegal. Apalagi, jika kamu masih usia produktif.

5.      Jelaskan tujuan kamu ke Amerika
Of course, for traveling! Pastikan kamu tahu rute kepergianmu, minimal tahu pergi ke kota mana saja, atau mau ngapain saja di Amerika.
 
My must visit in New York: Culinary Trip to Dominique Ansel Bakery!
6.      Do you have family or friends in the USA?
TIDAK! Karena, jika kamu punya keluarga dan teman di Amerika, kedutaan akan berpikir kamu memiliki chance lebih besar untuk imigrasi ke USA. Tetapi, jika kamu ke USA lewat jalur undangan (baik teman ataupun keluarga) jawablah ya, karena jawaban wawancara dan form DS-160 kamu harus sesuai!

7.      Suara cukup lantang & jelas
Langkah pertama ialah mengantri pengambilan biometrik, lalu mengantri lagi untuk diinterview. Kamu bayangkan duduk di dalam ruangan? Tidak! Kamu akan mengantri di loket untuk diinterview di loket ramai-ramai! Jadi, pastikan suaramu jelas terdengar dari dalam loket. Jawab dengan tenang tanpa a-a u-u (terbata-bata). Orang di depan saya tampak kebingungan saat menjawab karena interviewer bertanya dalam bahasa Indonesia aksen Amerika.
“Berapa kaji kamu?”
“Apa, kaji?”
“Berapa kaaji kamu? Kaji! ” Interviewer mulai bernada tinggi. Mungkin maksudnya gaji.
“Hah?”
BAM! Again, kertas warna pink didapat. Padahal orang di depan saya tujuannya sama, ke New York untuk winter holiday!

8.      Pede.. tapi jangan overconfidence!
Kembali ke grup karyawan di atas, ada satu karyawan lainnya yang cukup lancar menjawab dengan sangat berapi-api. “Why do you want to go to States?”
“Because if the machine that I bought from USA is not good, I want to sue the company and asked them to give new things for us! It means they lie to us..so on..so on” Bam.. Sama lagi kertas pink!

Intinya, do the best that you can do during the interview and let it go! Believe you can do it and you’ll get it! Semoga dapat kertas putih bertuliskan visa diterima ya! Hope this helps! See you on my East Coast Trip Itinerary Review!
Big love from NY's Times Square on NYE!

With love,

Hana





You Might Also Like

0 comments